5 Musisi Jazz yang Melegenda

5 Musisi Jazz yang Melegenda. Jazz adalah sebuah aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat, tepatnya dari New Orleans. Tepatnya aliran musik ini terbentuk adalah pada awal abad 20an yang merupakan hasil dari perpaduan musik Afrika dan Eropa.

Musik jazz sendiri banyak menggunakan alat musik modern dalam permainannya. Contohnya seperti terompet, trombon, saksofon dan juga piano. Musik jazz sendiri dikenal sebagai genre musik kelas atas dan memang banyak didengarkan oleh kalangan orang yang memiliki uang lebih. Meskipun tak menutup kemungkinan bahwa kalangan manapun dapat mendengar dan menyukai musik jazz sendiri.

Nah, berikut ini adalah 5 musisi jazz dunia yang melegenda. Kalau merunut sejarah jazz sendiri, dapat dikatakan bahwa mereka ini adalah musisi yang berperan aktif dalam pengembangan musik jazz itu sendiri. Silakan menyimak sampai habis.

5 Musisi Jazz yang Melegenda

  1. Lousi Armstrong (1901-1971)

Louis Armstrong sendiri mulai memimpin band miliknya pada tahun 1925. Lagunya banyak sekali yang menjadi hits dan disukai oleh masyarakat. Bahkan lagu tersebut seolah menjadi legenda dan abadi dalam sejarah musik jazz dunia. Penyanyi ini dikenal dengan kepiawaiannya melakukan scat singing atau improvisasi bernyanyi dengan suara tanpa kata. Scat singingnya pernah dikolaborasikan dengan lagu Heebie Jeebies tahun 1926. Berkat lagu tersebut, Louis Armstrong berhasil menjadi penyanyi dengan suara yang sangat terkenal pada abad 20. Louis Armstrong adalah orang berkulit hitam, namun hal itu tidak menjadikannya dikucilkan dan maah justru dihormati dan dihargai berat dari sifatnya yang baik dan juga suaranya yang bagus. Padahal pada watu itu, masyarakat Amerika masih memandang rendah orang berkulit hitam. Louis bahkan sempat memenangkan grammy award pada kategori pemusik jazz.

  1. Miles David (1926-1991)

Miles david adalah seorang pemain terompet, pemimpin sebuah band dan juga komponis handal. Ia adalah penggagas pada setiap perubahan yang terjadi pada musik jazz setelah kejadian terjadinya perang dunia yang kedua. Karya terbaiknya seperti yang sering dikatakan orang adalah album yang berjudul kind of blue yang rilis pada tahun 1959 silam.

  1. John Coltrane (1926-1967)

Musisi jazz satu ini lahir pada tanggal 23 September 1926 di Halmet, Carolina Utara. Musisi ini adalah seorang pemain saksofon dan juga komposer yang memberikan andil banyak sekali terhadap perkembangan musik jazz dunia. Sampai khirnya musik jazz menjadi musik kelas atas adalah sebuah perjuangan keras. Pada tahun 1961, ia menandatangani kontrak dengan perusahaan rekaman, sampai akhirnya ia melakukan tur intenasional pertamanya di Perancis, di negara tersebut iamendapatkan sabutan hangat dan juga mengesankan.

  1. Frank Sinatra (1915-1998)

Musisi ini meniti karir musiknya bersama dengan Harry dan Tommy Dorsey. Ia menjadi penyanyi yang sukses pada tahun 1940an. Ia bahkan menjadi idola anak muda pada waktu itu. Setelah bekerja sama dengan banyak sekali perusahaan rekaman, Frank memiliki perusahaan rekamannya sendiri yaitu Reprise Records yang tidak kalah sukses menelurkan banyak album hits miliknya. Sayangnya, kiprah frank harus terhenti ketika ia meninggal dunia pada tahun 1998.

  1. Duke Ellington (1899-1974)

Lagu dari penyanyi ini banyak dijadikan sebagai soundtrack film. Hal itu semakin menambah popularitasnya di dunia musik jazz. Awalnya musisi ini adalah pemain musik dari satu kafe ke kafe yang lainnya. Ia bahkan memenangkan sejumlah banyak gramy award atas karir jazznya.

Itulah tadi beberapa musisi jazz yang sangat terenal dan memiliki pengaruh terhadap musik jazz di dunia. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

BACA JUGA: Beberapa Konser Jazz Berkelas di Indonesia

Post Author: Pearl Hamilton

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *