Beberapa Konser Jazz Berkelas di Indonesia

Beberapa Konser Jazz Berkelas di Indonesia. Bagi Anda para pecinta musik, tentu merasa suatu hal yang sangat istimewa ketika menonton konser musik genre kesukaan Anda, dan terkadang rela merogoh kocek agak dalam demi melihat konser musik yang terasa indah bagi Anda. Salah satunya adalah genre musik Jazz.

Musik ini akan terdengar sangat indah bila melihat konsernya secara langsung. Sayangnya, tidak semua orang tahu bahwa di Indonesia ada beberapa konser musik Jazz berkelas yang kerap mendatangkan musisi-musisi Jazz hebat untuk tampil dalam konser tersebut.

Beberapa konser ini bahkan ada yang mendapat dukungan internasional, sehingga terkadang mendatangkan musisi Jazz berkelas tingkat dunia. Disini akan diulas secara lengkap beberapa konser musik Jazz berkelas yang bisa dijadikan sebagai referensi jika berniat akan menonton konser Jazz secara langsung.

Konser pertama adalah Prambanan Jazz. Konser ini diadakan di setiap tahunnya,  dan akhir-akhir ini kerap mendatangkan banyak musisi Jazz handal dan terkenal, dan ada beberapa yang merupakan musisi tingkat dunia. Keistimewaan konser ini semakin disempurnakan dengan latar belakang berupa Candi Prambanan.

Sudah menjadi informasi umum bahwa candi ini terlihat sangat megah pada malam hari, ditambah dengan siraman sinar lampu kuning keemasan yang semakin menambah syahdunya malam. Dengan latar belakang seindah ini, konser musik Jazz terasa lebih spesial terutama bagi orang-orang yang menyukai genre Jazz.

Konser selanjutnya adalah Jakarta International Java Jazz Festival. Ibukota selalu memiliki keramaian tersendiri ketika menggelar sebuah konser, termasuk untuk konser Jazz yang satu ini. Bahkan, konser ini sempat dikatakan sebagai konser Jazz berkelas tingkat nasional. Konser ini digelar pertama kali pada tahun 2005, dan berlangsung seterusnya hingga kini menjadi konser yang diadakan di setiap tahun alias konser tahunan, sama seperti Prambanan Jazz.

Beberapa Konser Jazz Berkelas di Indonesia

Konser yang lebih akrab disebut sebagai Java Jazz ini pernah mendapatkan penghargaan rekor muri. Dengan peraihan sebagai konser Jazz terbesar di tingkat dunia. Konser ini hampir selalu melibatkan artis Jazz dunia papan atas, dan berhasil menarik banyak peminat dari berbagai daerah, bahkan dari negara lain. Konser ketiga adalah Ngayogjazz.

Dari namanya sendiri sudah tersirat bahwa konser ini diadakan di kota Ngayogyakarta alias kota Yogyakarta. Uniknya, konser ini diadakan secara nomaden dan selalu memilih desa wisata sebagai tempat untuk menggelarnya. Sehingga, selain menonton konser Jazz secara langsung, peserta bisa menikmati keindahan desa wisata yang ada di Yogyakarta.

Selanjutnya ada juga ramadhan Jazz Festival. Tentu saja konser ini diadakan pada saat bulan ramadhan tiba. Pergelarannya pun dilakukan di sore hari, sehingga sering dijadikan sebagai kegiatan ngabuburit bagi orang-orang yang sedang menjalankan ibadah puasa bulan ramadhan.

Event ini kerap mengundang musisi Jazz terkenal di tanah air sebagai pengisi acara. Tentunya semakin diistimewakan dengan pemilihan lagu yang sebagian besar bernuansa islami. Tidak hanya disitu saja keistimewaannya, konser ini juga dijadikan sebagai lahan penggalangan infaq bagi para penontonnya. Bahkan, penggalangan dana infaq ini pun sempat mencapai angka puluhan juta rupiah. Infaq ini berasal dari tiket masuk festival ini, sehingga lebih tepat dikatakan sebagai konser amal.

Itulah beberapa konser Jazz berkelas yang ada di Indonesia. Keberadaan beberapa konser tersebut menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki massa yang besar untuk peminat musik Jazz. Tentunya disalurkan melalui acara yang positif.

 

BACA JUGA: Ini Dia Cara Agar Bisa Menikmati Indahnya Musik Jazz

 

Post Author: Pearl Hamilton

2 thoughts on “Beberapa Konser Jazz Berkelas di Indonesia

    Budi Setiawan

    (02/22/2018 - 12:31 AM)

    di Jogja juga oke, David Foster kemaren tampil disana, baper banget deh lagunya

    muharrom

    (02/22/2018 - 12:35 AM)

    aku pernah hadir di Jazz Goes To Campus, seru banget pkoknya, lagu jazz memang yang terbaik!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *