Ini Dia Cara Agar Bisa Menikmati Indahnya Musik Jazz

Ini Dia Cara Agar Bisa Menikmati Indahnya Musik Jazz. Selera orang-orang banyak yang berbeda ketika ditanya jenis musik seperti apa yang disukai. Bahkan, genre pun seolah memiliki ‘umat’ sendiri untuk masing-masing jenisnya. Setiap genre memiliki keindahan dan keunikannya masing-masing, dan persepsi serta selera orang pun tidak selalu sama dalam hal ini.

Salah satunya adalah jazz. Jazz identik dengan genre yang memikat dengan permainan tempo yang menyenangkan, serta akan semakin sempurna ketika dimainkan dengan alat musik tiup seperti terompet dan saxophone. Namun, rupanya belum semua orang mengetahui letak keindahan dan keistimewaan musik jazz. Bahkan, ada beberapa orang yang kebingungan dimana letak indahnya musik Jazz pada saat dimainkan. Nah, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa digunakan agar mengerti letak keindahan dan keceriaan musik jazz pada saat mendengarkannya, dan tentunya akan diulas dengan lengkap di bawah ini.

Cara yang pertama adalah dengan mengetahui tujuan pencipta musik ketika mengenalkan lagu Jazz. Musisi sering kali memiliki selipan tujuan atas diceritakannya sebuah kisah melalui alunan musik Jazz. Sebagian besar musisi mengaku ingin membuat suasana ceria dan hangat ketika menciptakan sebuah lagu Jazz yang indah.

Dengan mengetahui tujuan ini, maka dengarkan saja musik jazz dengan dikaitkan tujuannya. Dengan begitu, ketika mendengarkan lagu Jazz tersebut pun akan terasa tujuan dari musisi yang menciptakannya dan akan lebih mudah dalam menikmatinya. Cara kedua adalah dengan mengetahui sejarah dari genre jazz itu sendiri.

Ini Dia Cara Agar Bisa Menikmati Indahnya Musik Jazz

Sejarah yang dimaksudkan disini berarti juga dikaitkan dengan musisi-musisi terdahulu yang legendaris dalam dunia musik Jazz. Apalagi jika seorang musisi Jazz modern memiliki musisi Jazz yang menginspirasi, maka hal ini juga perlu diketahui agar memahami benang merah dari musik Jazz yang didengarkan dengan musik Jazz yang menginspirasi adanya lagu tersebut. Ketiga adalah kaitkan dengan suasana ceria. Bila sedang menikmati suasana ceria dan bersahabat, atau bahkan sedang bersemangat dalam melakukan sesuatu, maka dengan memutar musik Jazz akan lebih terasa titik keceriaannya.

Hal ini karena sebagian musik Jazz memang dirancang dengan suasana yang menyenangkan. Untuk suasana syahdu, bisa juga disesuaikan dengan memutar lagu jazz yang memiliki tempo slow. Karena hal ini akan sangat mendukung suasana yang sedang berlangsung. Cara ketiga adalah dengan menonton konser Jazz secara live.

Dengan menonton langsung, akan sangat terasa beberapa titik indah dalam alunan musik Jazz yang tidak akan ditemukan pada lagu yang berupa rekaman. Cara ini terbukti efektif, bahkan beberapa orang jatuh cinta dengan musik Jazz karena sudah pernah menonton secara langsung suatu konser Jazz yang menarik perhatian.

Cara terakhir adalah dengan mendengarkan musik-musik Jazz dari musisi Jazz kelas dunia. Hal ini dikarenakan musisi kelas dunia terbiasa membawakan musik Jazz dengan gaya tertentu dan terlatih dalam menghibur pendengarnya. Ini akan memberikan kesan tersendiri dalam mendengarkan musik Jazz. Sebagai pemula, contohnya adalah dengan mendengarkan karya-karya Miles Davis.  Meskipun sudah 20 tahun berlalu sejak Miles meninggal, namun karya-karyanya masih terasa hangat di telinga masyarakat.

Itulah beberapa tips tentang bagaimana cara menikmati alunan musik dan lagu Jazz, terutama bagi orang-orang yang baru ingin bergabung mencintai musik Jazz dan masih dalam tahap pengenalan genre musik Jazz itu sendiri. Dengan menerapkan beberapa tips di atas, maka menikmati Jazz akan lebih mudah.

 

BACA JUGA: Miles Davis Musisi Jazz Legendaris di Dunia

Post Author: Pearl Hamilton

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *