Java Jazz Sudah Menjadi Event Musik Jazz Internasional

Java Jazz Sudah Menjadi Event Musik Jazz Internasional. Jazz sendiri adalah penggabungan dari beragam musik yakni blues, ragtime dan jenis musik  Eropa. Namun pada inti besarnya sendiri, musik jazz adalah musik yang menjadi tonggak perubahan terhadap ras kulit hitam di Amerika.

Musik ini adalah musik yang berasal dari New Orleans Amerika Serikat. Tepatnya aliran musik ini terbentuk adalah pada awal abad 20an yang merupakan hasil dari perpaduan musik Afrika dan Eropa. Musik jazz sendiri banyak menggunakan alat musik moderen dalam permainannya. Contohnya seperti terompet, trombon, saksofon dan juga piano.

Musik jazz sendiri dikenal sebagai genre musik kelas atas dan memang banyak didengarkan oleh kalangan orang yang memiliki uang lebih. Meskipun tak menutup kemungkinan bahwa kalangan manapun dapat mendengar dan menyukai musik jazz sendiri. Musik jazz sendiri perlahan menjadi musik yang mendunia dan dikenal banyak orang.

Di indonesia sendiri bahkan ada sebuah event yang mendatangkan musisi jazz inetrnasional. Acara tersebut adalah acara java jazz, meskipun acara tersbeut adanya di Indonesia, namun acara musik tahunan tersebut sudah diakui sebagai ajang musik internasional yang kaitannya dengan aliran jazz. Acara tersebut sangat apik karena mampu mendatangan banyak musisi dari luar negeri.

Musisi yang didatangkan pun bukan musisi yang biasa-biasa saja, melainkan musisi yang memiliki nama besar dan juga karya fenomenal. Musisi besar yang pernah menyanyi di Indonesia contohnya adalah Tony Bennett di Jakarta. Penyanyi jazz legendaris asal dari Amerika Serikat tersebut hadir dalam sebuah pagelaran acara yang diadakan di Jakarta. Sebenarnya bukan java jazz, melainkan acara intimate concert yang diadakan di Ball Room hotel Ritz Carlton Jakarta.

Java Jazz Sudah Menjadi Event Dunia Internasional

 Java Jazz Sudah Menjadi Event Musik Jazz Internasional

Banyak sekali duungan dari berbagai macam pihak terkait dengan penyelenggaraan acara java jazz sendiri. Event musik tahunan berskala internasional ini memang sudah banyak dinantikan oleh para pecinta jazz tanah air. Bahkan tak hanya warga Indonesia saja yang turut menyaksikan acara musik ini, namun juga dari warga negeri tetangga seperti Malaysia dan Singapura juga turut hadir.

Pihak dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau yang sering disingkat degan Kemenparekraf sendiri melalui wakil menterinya yakni Sapta Nugraha mengataaan bahwa pihaknya adalah salah satu yang mendukung keberlangsungan acara tersebut. diharapkan acara tersebut selalu ada tiap tahun dan berkelanjutan.

Bahkan Craig David mengatakan bahwa acara Java Jazz festival adalah sebuah acara yang sangat mengagumkan. Acara tersebut telah berhasil mengambil banyak hati para musisi jazz baik dalam maupun luar negeri. Seperti halnya yang sudah dikatakan oleh Craig David, meskipun berbeda genre, namun ia memberi apresiasi yang sangat luar biasa bagi acara tersebut dan mengatakan bahwa Java Jazz adalah event yang sangat mengagumkan dalam skala internasional.

Jazz adalah musik yang menampilkan not-not sulit, apalagi performa dilakukan secara live atau langsung di atas panggung. Meskipun menampilkan not-not yang sulit, musisi hebat dunia seperti Joss Stone dan Lia Stansfield mampu secara sukses membawakan banyak lagu dan penampilan sebagai msusisi jazz. Mereka adalah musisi yang bagus dan layak mendapatakan tempat di hati para pendengar setia musik jazz. Itulah tadi acara java jazz yang seolah menjadi ajang konser untuk para musisi dunia. Meskipun awalnya java jazz adalah sebuah festival biasa, namun berkat konsistensi dan keberlanjutan acara tersebut, java jazz menjadi sebuah acara tahunan yang luar biasa.

 

BACA JUGA: International Jazz Day 2017 Digelar di Batam

 

Post Author: Pearl Hamilton

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *