Mengenal Musik Dangdut Indonesia

Musik Dangdut Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat kaya raya. Tak bisa dipungkiri, kekayaan negara Indonesia bukan hanya omong kosong belaka. Hal ini ditandai dengan banyaknya negara-negara lain yang mengakui bahwa Indonesia memang benar-benar negara yang kaya. Kekayaan Indonesia tersebar dalam segala aspek. Baik dalam aspek bentangan alamnya, bahasanya, budayanya, makanannya, dan yang lainnya.

Aspek budaya merupakan salah satu aspek yang paling sering disoroti baik oleh masyarakat lokal maupun mancanegara. Hal ini dikarenakan, pada tiap-tiap daerah di Indonesia memiliki budayanya sendiri-sendiri. Tentu saja budaya dengan ciri khas masing-masing. Salah satu komponen kebudayaan yang patut diperhitungkan adalah mengenai musik.

Musik merupakan salah satu kesenian yang dekat dengan kehidupan masyarakat sehari-hari. Musik pun memiliki berbagai macam jenis maupun aliran. Terlebih lagi di Indonesia, setiap daerah di Indonesia memiliki aliran musiknya sendiri, itulah mengapa Indonesia disebut sebagai negara yang kaya.

Musik daerah di Indonesia merupakan musik yang mengandung kekhasan suatu daerah masing-masing. Lantas, adakah musik yang mengandung kekhasan Negara Kesatuan Republik Indonesia kita tercinta ini? Musik dangdut adalah jawabannya. Tentu saja Anda pernah mendengar istilah musik dangdut, bahkan mungkin Anda juga pasti sudah pernah mendengarkan contoh dari lagu-lagu dangdut.

Musik dangdut merupakan salah satu genre musik yang berasal dari Indonesia asli. Walaupun kebanyakan orang mengatakan seperti itu, bahwa musik dangdut adalah salah satu identitas musik Indonesia, namun pada kenyataannya, sejarah musik dangdut lebih luas daripada perkataan seperti itu.

Menurut sejarah, musik dangdut mulai tersebar di Indonesia sejak zaman dahulu, lebih tepatnya lagi ketika para pedagang-pedagang yang berasal dari Gujarat, India, maupun Arab sering berlalu-lalang di Indonesia. Ketika mereka menjajakan dagangannya, terkadang mereka juga turut serta membawa alat-alat musik yang berasal dari daerah mereka masing-masing lalu memainkannya.

Karena pada suatu tempat perdagangan biasanya terdiri dari banyak pedagang yang berasal dari berbagai macam daerah atau negara, terjadilah kolaborasi antara alat-alat musik yang mereka mainkan. Alat-alat musik tersebut akhirnya membentuk atau menciptakan suatu melodi baru yang lambat laun menjadi akrab ditelinga seluruh masyarakat.

lagu dangdut

Musik tersebut pun dikenal sebagai musik dangdut. Ada tiga negara yang memiliki peran yang besar untuk terciptanya musik dangdut. Ketiga negara tersebut adalah Gujara, India, Arab, dan Indonesia. Di Indonesia sendiri, terdapat suatu suku yang identik dengan musik dangdut, yaitu suku melayu. Rata-rata irama yang digunakan oleh musik dangdut adalah irama yang bernuansa melayu.

Ada beberapa alat musik khas yang identik dengan musik dangdut dan irama melayu, beberapa diantaranya adalah gendang melayu dan tabla. Perkembangan musik dangdut juga didukung dengan keberadaan sinetron-sinetron yang berasal dari Malaysia dan India. Hal ini dikarenakan pada waktu itu, politik yang berkembang di Indonesia adalah politik yang anti barat, sehingga sinema-sinema yang tayang di Indonesia merupakan sinema yang berasal dari Indonesia ataupun negara tetangga yang dekat dengan Indonesia.

Musik dangdut ini populer di Indonesia pada tahun 1940-an. Pada tahun 1960-an, politik yang berkembang di Indonesia berbalik menjadi politik yang pro barat, sehingga masuklah musik-musik barat ke Indonesia. Musik-musik barat tersebut menggunakan alat-alat musik listrik yang memiliki suara cenderung nyaring.

Entah mengapa, musik ini diterima dengan tangan terbuka oleh masyarakat Indonesia sehingga eksistensi musik dangdut pun mulai tersingkirkan. Sekarang. Musik barat sepertinya sudah menguasai industri musik Indonesia. Namun walaupun begitu, Anda tetap bisa menikmati irama dangdut di Indonesia walaupun dalam cakupan yang tak luas lagi.

Post Author: Pearl Hamilton