Musik Indie Yang Populer Saat Ini.

Pada masa ini, generasi muda mana yang belum mengenal salah satu aliran music ini. Sepertinya setiap muda mudi pasti mengetahui salah satu atau menjadi penyuka aliran lagu atau musik indie. “Indie” merupakan serapan kata dari bahasa Inggris yaitu “Independent”. Sebenarnya, indie adalah suatu gerakan music. Mereka para penyanyi atau musisi music ini memiliki idealisme yang tertuang dalam lagu-lagu yang mereka ciptakan.

Mereka bisa menuangkan semua isi hatinya dengan bebas kedalam lagu yang akan dipentaskan diatas panggung dan pastinya masuk kedalam label rekaman besar meskipun dengan tema percintaan sekalipun. Music indie berkembang di Indonesia sama dengan music music lain yang berkembang jauh sebelumnya. Gerakan music ini mulai berkembang di Indonesia mulai pada tahun 1970an. Jadi memang sudah lama music ini berkembang di Indonesia dan diminati banyak orang. Musik indie biasannya membawa pendengar atau penyukannya menikmati lirik demi lirik didalamnya yang memiliki arti mendalam. Sepertinya setiap pencipta lagu indie memiliki imajinasi dan ide untuk membuat pendengarnya bisa merasakan isi dari lagu tersebut. Pastinya pemilihan kata yang indah dan bersyair seperti layaknya sebuah puisi menjadi pilihan.

Musisi atau band indie yang saat ini sedang terkenal dan menjadi idola anak muda diantaranya seperti Payung Teduh, Tulus, Banda Neira, Danilla Riyadi, Fourtwnty, Fiersa Besari, dan masih banyak musisi musisi indie lainnya yang sedang menjadi popular saat ini. Pastinya masing masing penyanyi diatas memiliki lagu andalan yang membuat penggemarnya mengidolakan mereka. Lagu lagu indie yang sedang popular saat ini diantarannya lagu berjudul Akad milik Payung Teduh, Gajah milik Tulus, Sampai jadi Debu milik Banda Neira, Lintasan Waktu milik Danila Riyadi, Fana Merah Jambu milik Fourtwnty, Pemeran Pengganti milik Fiersa Besari dan juga lagu lagu lainnya yang mereka ciptakan.

Pastinya mereka menciptakan lagu itu memiliki makna tersendiri didalamnya dan memiliki tujuan bagi pendengarnya. Seperti lagu Akad milik Payung Teduh memiliki makna 2 keadaan saat sebelum menikah dan sudah menikah, dimana Akad tersebut adalah hal yang mengikat mereka berdua. Lagu Gajah milik Tulus memiliki makna tentang kehidupan masa kecilnya yang sering dipanggil gajah oleh teman temannya yang menjelaskan lagu indie juga dapat mengambil tema dari kehidupan Si penulis lagu tersebut. Sampai jadi Debu lagu indie yang mendalam dari Banda Neira ini menceritakan tentang Romantisme Perlawanan dan Kesetiaan. lagu indie

Danilla Riyadi pencipta lagu Lintasan waktu ingin membawa pendengarnya menikmati lagunya dengan nuansa dan suasana dengan makna kesedihan tentang lagu tersebut yang ia kemas secara elegan, kehampaan yang ia tularkan kepada pendengar, dan pastinya perjalanan Danilla melintasi waktu hingga saat ini. Fourtwnty pemilik lagu Fana Meah Jambu lewat lagu ini menggambarkan suasana sore hari yang dinikmati bersama pasangan dengan saling bertukar cerita hal yang sebenarnya bodoh dan membuat suasana yang lucu pada saat itu, serta membawa pendengar sangat menikmati irama lagu yang membuatnya ingin berdansa atau menari saat mendengarnya. Pastinya sudah tidak asing mendengar nama Fiersa Besari bagi para pecinta music indie, lagunya yang berjudul Pemeran pengganti menceritakan bahwa seseorang yang hanya dianggap sosok pengganti dan didatangi saat dibutuhkan oleh seorang yang ia sayangi tapi tetap bertahan dan berharap ia bukan menjadi sosok Pemeran Pengganti lagi suatu saat nanti. Dan itulah Musisi dan penyanyi music indie serta lagu yang ia ciptakan dengan makna yang mereka tuangkan kedalam setiap lirik dalam lagu yang mereka buat.

 

Post Author: Pearl Hamilton